Minggu, 03 November 2013

Penghargaan Jati Diri

Ketika berbicara tentang penghargaan, siapa sih yang gak mau dihargai?! pastinya semuanya mau dihargain apalagi usahanya sudah maksimal. sakit banget kan kalau sudah berusaha semaksimal mungkin tapi ternyata tak ada respon positif malah adanya kritik dan kritik.
kritik memang sangat diperlukan untuk membangun jati diri, sebagai pengalaman agar kedepannya bisa lebih baik lagi. tapi ingat, kritikan kadang bisa membangun motivasi atau malah menghancurkannya. sebaiknya ketika memulai mengkritik kinerja orang lain, sebelum itu koreksi diri sendiri apa ada yang sama dengan kritikan kita sendiri. dan juga ketika mau mengkritik lihat dulu situasi dan kondiasi. suatu kritikan akan menjadi bumerang bagi kita dan orang yang kita kritiki ketika dia tidak menerima apa yang kita sasmpaikan. jangan dulu menyalahkan mereka, karna kadang cara kitalah yang salah.
usahakan ketika mengkritik jangan di depan umum, apalagi dipaparkan kesemua orang tentang kesalahan-kesalahan yang ada. memang itu semua sabuah evaluasi kinerja tapi tentu masih ada batasan- batasan antara apa yang perlu diketahui di publik dan di forum diskusi.
buat yang suka mengkritik, hati-hati aja sama ucapannya. karena ucapan itu pisau yang tajam. bisa membunuh semua orang bahkan orang-orang yang sebenarnya tidak kita inginkan.
berbeda dengan kritik, penghargaan merupakan hal yang bisa membangun motivasi lebih juga tapi kadang menimbulkan sifat sombong. kenali dulu perbedaan keduanya dan terapkan pada waktu yang pas. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar